TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Sabtu, 21 September 2019

AsNa (Asisten Narkoba) Siap "didemokan" Pada Ajang Musabaqah Tillawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2019

25 July 2019 Umum, Kegiatan, Prestasi,

Raja Malikul Fajar dan Yaumil Ikhsan yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Universitas Malikussaleh (Unimal) yang berhasil menciptakan aplikasi media konsultasi dan edukasi bagi pecandu yang berniat berhenti menggunakan narkoba. Aplikasi ini diberi nama Asisten Narkoba (AsNa) yang rencana akan tersedia di App Store dan Google Play pada akhir Agustus 2019 ini.

Ide menciptakan aplikasi ini berawal karena tingginya angka pecandu narkoba di tanah air. Bisa disebut bahwa Indonesia merupakan negara Darurat Narkoba. Banyak sekali korban penyalahgunaan narkoba dari berbagai kalangan tanpa terkecuali sudah sangat lumrah terdengar dalam kalangan muda, pastinya sangat berpengaruh pada hambatan hasil karya dari kalangan muda.


Aplikasi ini juga dapat disebut sebagai aplikasi psikiater pribadi yang telah ditanami Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) didalamnya yang sudah teruji sebelumnya sebagai aplikasi pembelajaran cerdas. Aplikasi AsNa juga merupakan sarana dakwah terkait upaya penanganan penyalahgunaan narkoba berdasarkan Alqur'an pada Surah Al-Maidah ayat 90-91.

Pada aplikasi ini juga tersedia fitur yang dapat digunakan untuk berkonsultasi layaknya sedang berkonsultasi dengan psikiater secara langsung dengan juga memberikan solusi. Pada aplikasi ini memiliki fitur edukasi, kontrol dan monitoring sehingga para orang tua juga dapat mengontrol langsung perkembangan edukasi yang sudah diterima. Pembuatan aplikasi ini juga dapat menekan biaya bagi para pecandu yang hendak di rehabilitasi.

Aplikasi ini akan di presentasikan pada ajang Musabaqah Tillawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) dicabang Karya Tulis Ilmiah yang akan diselenggarakan pada 28 Juli sampai 4 Agustus 2019 di Kota Banda Aceh oleh salah satu mahasiswa kebanggaan Teknik Informatika Unimal yaitu Raja Malikul Fajar dan Yaumil Ikhsan. Semoga bisa menjadi pemacu bagi mahasiswa Teknik Informatika lainnya untuk terus dapat berinovasi dengan mengikuti kebutuhan pasar global saat ini.