TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Ahad, 16 Desember 2018

Sosialisasi Program Doktoral Di Jepang bersama Dr.Eng. Armin Lawi, S.Si., M.Eng

06 March 2018 Umum, Kuliah Umum, Kegiatan,

Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh kembali mengadakan kuliah umum pada 06 Maret 2018 di Aula Cut Meutia Bukit Indah. Kuliah umum ini mengangkat tema “Sosialisasi Dan Trik Lulus Seleksi Program Doktoral Di Jepang.” Acara yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh ini mengundang Dr.Eng. Armin Lawi, S.Si., M.Eng sebagai narasumber. Beliau merupakan Dosen Program Studi Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin Makassar. Beliau menamatkan pendidikan Master  di Kyushu University, Jepang di bidang Computer Science serta memperoleh gelar Doctor of  Engineering (Dr.Eng.), di Kyushu Institute of Technology  dengan masa studi 3 tahun.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh unsur Pimpinan Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. yaitu Dekan Fakultas Teknik Bapak Herman Fithra., ST., MT, Pembantu Dekan I Bapak Dr. Ir Azhari., MT, Pembantu Dekan II Bapak Zulfikar., ST., MT, Pembantu Dekan III Bapak Asri, ST., MT. turut hadir dalam acara tersebut seluruh dosen dan mahasiswa di lingkungan Falkultas Teknik Universitas Malikussaleh.

Kegiatan dimulai jam 09.00 pagi dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Alqur’an dan dilanjutkan dengan pembukaan acara kuliah umum oleh Dekan Fakultas Teknik Bapak Herman Fithra., ST., MT, Dalam Sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Bapak Herman Fithra., ST., MT menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Rektor Universitas Malikussalen Bapak Prof. Dr. Apridar, M.Si bersama Dekan Fakultas Teknik ke beberapa Universitas di jepang pada bulan mei 2017 dalam rangka menjajaki kerjasama antara Universitas Malikussaleh dengan 3 universitas di jepang yaitu Kyushu Institute of Technology, Kindai University dan Okayama Prefectural University.

Untuk menindaklanjuti kegiatan tersebut Falkultas Teknik sudah mempersiapkan program dengan mengirimkan 10 orang dosen di lingkungan Falkultas Teknik yang memang dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikan S3 ke jepang untuk belajar bahasa, “ini merupakan gelombang pertama dan merupakan angkatan pertama yang akan menempuh pendidikan doktoral ke jepang”. Bapak Dekan juga berharap agar program ini terus berlanjut di tahun depan yaitu dengan mengirimkan angkatan ke-2 dan ke-3, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh Fakultas Teknik, sehingga dalam waktu empat tahun kedepan 30% dosen di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh sudah bergelar doktor, dan dalam jangka waktu 5 tahun kedepan Fakultas Teknik sudah banyak membuka berbagai macam program master termasuk program master double degree dimana kuliah dilakukan di Universitas Malikussaleh dan risetnya dilakukan di jepang.

selanjutkan acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Bapak Dr.Eng. Armin Lawi, S.Si., M.Eng tentang bagaimana cara dan trik dalam menghadapi ujian seleksi pada program doktoral di jepang beliau juga melakukan sharing tentang pengalaman beliau ketika menempuh pendidikan di jepang, pada akhir sesi peserta kuliah umum juga di berikan waktu untuk berdiskusi dan bertanya dengan narasumber.

Malas Ngoding