TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Sabtu, 15 Desember 2018

Hari Batik Nasional di Teknik Informatika

03 October 2017 Umum, Pengumuman, Opini,

Batik merupakan jenis pakaian yang sudah tidak asing lagi di Indonesia khususnya Jawa. Pada busana kesehariannya, seluruh masyarakat Jawa Tengah dianjurkan untuk memakai batik. Pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Indonesia untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Setelah penetapan itu, maka Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional.

Ini juga dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Di dunia luar, batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Suharto, saat mengikuti konferensi PBB. Meskipun demikian, diakuinya batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh dunia, tidak serta merta diperoleh. Batik sempat hampir ditinggalkan oleh masyarakat, termasuk generasi muda.

Hari Batik Nasional ini ternyata juga diperingati oleh civitas akademika Teknik Informatika. Dengan semangat nasionalisme yang tinggi, HIMATIF yang berkoordinasi dengan pihak Prodi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Teknik Informatika agar mengenakan batik di tanggal 2 Oktober 2017. Hal ini disambut positif dan gembira oleh dosen, pegawai dan mahasiswa Teknik Informatika. Dan pada akhirnya dihari Senin tersebut Kampus Teknik Informatika diwarnai dengan Batik yang terdiri dari berbagai corak yang indah.

Selamat Hari Batik Nasional. Semoga momen tersebut dapat selalu mengingatkan kita semua bahwa kita harus bangga menjadi Indonesia yang kaya akan budaya.

 

 

Malas Ngoding